Nilai Mutlak Untuk Menentukan Pilihanmu

Absolute_value.svg

Karena liburan begini aku jadi teringat akan kuliahku. Aku jadi teringat kalo aku sekarang sedang mengambil Kalkulus I, tentu saja untuk yang kedua kalinya. Aku ga ada niatan untuk mengulang kalkulus karena nilaiku C. Masa ya mau aku ulang jadi C lagi? Kan ga ada keren2nya tu. Sekarang sedang dalam proses mempertinggi nilai *eh* mempertinggi ilmu maksudnya hehe. Dalam salah satu materi di kalkulus ini ada yang namanya absolute value atau yang lebih sering dikenal dengan nilai mutlak. Biasanya sih kalo untuk nilai mutlak dikasih lambang kayak gini |x|.

Oke, mungkin langsung aja aku mau membahas tentang nilai mutlak tersebut. Tentu saja bukan materinya yang mau aku bahas tapi beberapa implementasi pada kehidupan nyata kita. Oiya, aku jelasin lagi kalo aku ini sebenarnya ga ngambil matematika murni tapi aku ngambil studi fokus filsuf matematis (ga usah dipikirin, ini buatanku sendiri kok hoho).

Yap, di dunia nyata ini pasti ada sesuatu yang pasti dan yang relatif. Disini aku akan membahas beberapa poin penting tentang itu dengan men-sinkronisasi-kannya dengan nilai mutlak. Dalam dunia matematika kita diperkenalkan tentang definisi nilai mutlak. Pada umumnya untuk setiap x anggota bilangan real, |x|=x jika x>0, |x|=-x jika x<0 dan |x|=0 jika x=0. Terus apa hubungannya dengan dunia kita? Jangan salah, ini sangat berhubungan sekali. Cukup aku tunjukkan minimal satu contoh maka sudah pasti berhubungan kan?hehe. Karena aku pria maka disini aku akan mencoba menghubungkannya dengan cara memilih pasanganmu nanti. Aku saranin sih dilakukan ke cewek (khusus cowok) dan ke cowok (khusus cewek). Kalo ada cowok yang mau nyoba ke cowok ya boleh aja sih hehe (maho detected).

Aku mau ngasih beberapa ide untuk menentukan pilihanmu wahai para pria. Untuk memilih wanita kita bisa menggunakan nilai mutlak ternyata. Kalo kita emang mau mencari berdasarkan kecantikannya, kita definisikan dulu jenis kecantikannya. Ni aku kasih salah satu contohnya. Kecantikan wanita itu bersifat mutlak. Kenapa? Kalo diambil x=wanita, positif negatifnya merupakan definisi kecantikan yang dipandang dari akhlaknya. Apabila x>0 maka diperoleh bahwa |x|=x yang berarti wanita tersebut memang cantik. Kalau x<0 berarti sudah pasti nilainya akan menjadi negatifnya atau dengan kata lain wanita itu sudah tidak dapat ditemukan lagi kecantikannya. Nah kalo wanita itu sudah cantik sih bisa dilakukan lagi penilaian dengan nilai mutlak itu sampai menemukan kriteria yang cocok dengan pilihanmu hehe.

Ternyata matematika berguna juga untuk kehidupan kita. Masih banyak lagi kegunaannya. Untuk anak matematika aku saranin sih coba temuin esensi matematika dan sedikit berpikir gila untuk mengembangkan ilmumu ya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s